25 Manfaat Mengejutkan dari Serai

Manfaat kesehatan dari serai (Bahasa Inggris : Lemongrass) termasuk bantuan dari gangguan perut, insomnia, gangguan pernapasan, demam, sakit, infeksi, rematik, dan edema. Aktivitas antioksidan yang defensif dari ramuan serai melindungi terhadap Staphylococcus aureus resisten antibiotik dan membantu dalam menjaga kadar kolesterol optimal, kesehatan seluler, sistem saraf, kulit yang sehat, dan sistem kekebalan tubuh. Ini juga efektif dalam mengobati diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas, sementara juga membantu dalam detoksifikasi. Ini banyak digunakan dalam aromaterapi dan membantu memerangi kelelahan, kecemasan, dan bau badan.

Serai – Penyembuh Aromatik

Cymbopogon citratus, juga dikenal sebagai serai, adalah tanaman yang termasuk keluarga rumput Poaceae. Ini digunakan untuk aroma lemon dan aroma citrus yang berbeda. Ini adalah rumput yang tinggi dan abadi yang berasal dari India dan daerah tropis di Asia. Ini adalah tanaman kasar dan berumbai dengan daun linear yang tumbuh di tandan tebal, muncul dari dasar yang kuat dan berdiri selama sekitar 3 meter dengan peregangan selebar meter.

Selain penggunaan kulinernya, ramuan ini menawarkan berbagai manfaat obat dan dalam permintaan luas karena sifat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-mikroba di seluruh Asia Tenggara, serta benua Afrika dan Amerika.

Genus Cymbopogon terdiri dari 55 spesies rumput, dua di antaranya disebut sebagai serai. Ini adalah Cymbopogon citratus, yang terkenal lebih disukai untuk penggunaan kuliner dan Cymbopogon flexuosus, yang digunakan dalam pembuatan wewangian karena umur simpannya yang lama, karena jumlah myrcene yang rendah dalam varietas itu.

Fakta Nutrisi Serai

Serai mengandung antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, quercetin, kaempferol, elemisin, katekol, asam klorogenat, dan asam caffeic, yang semuanya membantu dalam menyediakan berbagai obat yang mengesankan. Komponen utama dari ramuan harum ini adalah lemonal atau citral, yang memiliki kualitas anti-jamur dan anti-mikroba, sementara juga memberikan bau lemony yang berbeda.

Serai adalah gudang aromatik dari nutrisi penting yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Database Nutrisi Nasional USDA menunjukkan bahwa itu adalah sumber vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), folat, dan vitamin C. Ini juga menyediakan mineral penting seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng, dan zat besi, yang diperlukan untuk fungsi sehat tubuh manusia. Tidak menawarkan kolesterol atau lemak yang berbahaya.

Detoksifikasi Tubuh

Menurut sebuah studi tahun 2003, serai membantu membersihkan dan menyiram limbah beracun berbahaya keluar dari tubuh, sebagai akibat dari sifat diuretiknya. [9] Detoksifikasi membantu dalam pengaturan berbagai organ tubuh, termasuk hati dan ginjal, sementara juga membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik dari herbal membantu meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, yang membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan, menghilangkan lemak yang terkandung, dan membantu mempertahankan sistem yang bersih.

Mencegah Kanker

Serai efektif dalam mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel sehat tubuh. Penelitian yang dilakukan untuk membuktikan aktivitas anti-kanker serai telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Hal ini terutama karena adanya senyawa kimia yang disebut citral di dalamnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada efek sitral pada sel kanker menunjukkan bahwa itu membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker hati selama fase awal dan mencegah pertumbuhan sel kanker lebih lanjut. Penelitian lain memberikan bukti pendukung mengenai efek anti-proliferasi citral dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara manusia dan induksi apoptosis.

Staphylococcus aureus

Penelitian yang dilakukan di School of Health, The University of Northampton, Inggris dan diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology telah menunjukkan bahwa minyak atsiri serai memiliki kapasitas anti-biofilm dan bermanfaat terhadap infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Ini mengandung fenol yang memiliki kemampuan untuk menyebar dengan cepat melalui jaringan tubuh dan menyembuhkan biofilm yang terletak di mana saja di dalam tubuh. Ini mengganggu pertumbuhan dan komunikasi kuman, yang membantu dalam menghambat pembentukan biofilm. Minyak esensial herba digunakan untuk aplikasi, baik secara topikal maupun internal untuk menyembuhkan penyakit yang didiagnosis dengan biofilm, seperti penyakit Lyme.

Gangguan Perut

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak atsiri serai memiliki sifat anti-mikroba dan anti-bakteri yang membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh berbagai patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli. Hal ini bermanfaat dalam pencegahan gangguan gastrointestinal seperti ulkus lambung, membantu menstimulasi fungsi usus, dan memperbaiki pencernaan. Properti anti-inflamasi herbal bermanfaat untuk mengobati sembelit, kolitis ulseratif, diare, mual dan sakit perut.

Obati Insomnia

Serai membantu menenangkan otot dan saraf, yang membantu dalam mendorong tidur nyenyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh herbal memiliki sifat penenang dan hipnosis yang membantu dalam meningkatkan durasi tidur.

Gangguan pernafasan

Serai banyak digunakan dalam pengobatan Ayurvedic karena efek penyembuhannya dalam mengobati batuk dan pilek. Seiring dengan komponen bermanfaat lainnya, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya membantu dalam memberikan bantuan dari sumbatan hidung, flu dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma bronkial.

Menyembuhkan Demam

Serai adalah obat penurun panas dan juga dikenal sebagai ‘rumput demam’, karena efeknya yang menguntungkan dalam menurunkan demam. Efek anti-pyretic dan diaphoretic banyak digunakan dalam pengobatan Ayurvedic untuk menyembuhkan demam dengan memicu keringat.

Mengobati Infeksi

Serai berfungsi sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi seperti kurap, luka, Kaki Atlet, kudis, dan infeksi saluran kemih (ISK) karena sifat antimikroba dan anti-jamurnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa ramuan memberikan efek penyembuhan pada infeksi kulit, seperti infeksi ragi, dengan menghambat pertumbuhan patogen. Studi lain memberikan bukti pendukung yang menunjukkan khasiat serai atas thyme, nilam, dan minyak cedarwood dalam pengobatan berbagai penyakit seperti kandidiasis oral atau vagina.

Mengurangi Sakit

Serai mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesiknya. Fitonutrien yang ada di dalamnya meningkatkan sirkulasi darah dan membantu meringankan kejang, kram otot, keseleo, dan sakit punggung. Ini sangat berharga dalam mengobati luka olahraga, termasuk dislokasi, luka dalam, dan memar.

Sistem saraf

Serai adalah saraf dan telah terbukti menjadi tonik untuk sistem saraf. Ini merangsang pikiran dan membantu dalam memerangi kejang, gugup, vertigo, dan berbagai gangguan saraf seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson. Ini digunakan dalam terapi mandi, yang membantu menenangkan saraf dan mengurangi gejala kecemasan dan kelelahan yang disebabkan oleh stres.

Diabetes tipe 2

Serai telah terbukti bermanfaat dalam mengobati diabetes tipe-2. Penelitian telah menunjukkan bahwa sitral yang ada di dalamnya membantu menjaga kadar insulin yang optimal dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.

Mencegah Rematik

Serai efektif dalam menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh rematik. Obat ini dapat dioleskan pada lumbago dan keseleo dan membantu meredakan neuralgia.

Meningkatkan Kekebalan

Serai membantu memulihkan sistem vital yang beroperasi di tubuh, termasuk pencernaan, pernapasan, ekskresi, dan sistem saraf. Ini membantu dalam penyerapan nutrisi yang lebih baik dan memperkuat mekanisme pertahanan kekebalan tubuh. Ekstrak serai memiliki efek menguntungkan pada aksi inflamasi sitokin, yang merupakan molekul pemberi sinyal melalui mana sel berkomunikasi dan merespon tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai memberikan tindakan anti-inflamasi dan konstituennya, citral, mungkin menjadi penyebab efek penghambatannya pada produksi sitokin.

Perawatan kulit

Serai telah dihargai sebagai tonik kulit dan membuat pembersih yang efektif untuk kulit berminyak atau berjerawat karena kualitas astringen dan antiseptiknya. Ini membantu memperkuat jaringan kulit dan menguatkan pori-pori sementara juga mensterilkannya. Perawatan harus diambil saat menggunakan produk serai, karena aplikasi murni dapat menyebabkan iritasi kulit dalam beberapa kasus.

Kesehatan Seluler

Serai memiliki kualitas antioksidan dan membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang berasal dari oksigen. Ia juga membantu dalam pembersihan darah dan memperkuat limpa untuk membuang sel darah merah yang ternoda. Ini mendukung fungsi kelenjar thymus yang membantu menghasilkan sel darah putih. Ini membantu dalam merangsang regenerasi sel. Kandungan folat dan potassium pada batang dan daun serai membantu sintesis DNA dan mendorong pembelahan sel.

Mengobati Edema

Serai efektif dalam menyembuhkan kondisi retensi air atau edema. Ia memiliki efek pembersihan pada kemacetan limfatik dan membantu menenangkan pembengkakan.

Aromaterapi

Serai mengandung bahan-bahan bermanfaat dari minyak esensial seperti neroli, citronellol, myrcene, dipentene, geraniol dan methyl heptenone yang memiliki sifat anti-jamur, insektisida, dan antiseptik. Minyak serai banyak digunakan dalam aromaterapi, karena efek terapeutiknya, yang membantu merevitalisasi tubuh. Efek pendinginan dari minyak sereh bermanfaat bagi tubuh selama cuaca panas dan mendorong kebangkitan pikiran dan jiwa.Minyak ini memiliki kualitas astringen dan toning alami yang membantu dalam merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan jaringan dermal. Ini juga membantu dalam mengencangkan, mengangkat dan mengencangkan kulit yang lesu atau kendur.

Kegemukan

Serai mengandung sitral, yang telah terbukti efektif dalam memerangi obesitas. [24] Ini mencegah akumulasi lemak perut dan meningkatkan penggunaan energi yang tersimpan, yang membantu mencegah kenaikan berat badan yang disebabkan oleh diet. Ini membantu dalam metabolisme yang sehat dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

Bau badan

Serai digunakan dalam pembuatan deodoran karena sifatnya membersihkan dan antibakteri yang membantu memerangi bau badan yang tidak menyenangkan dan mencegah infeksi jamur dan bakteri. Ini juga dapat ditambahkan ke footbaths untuk membersihkan kaki yang sakit dan bau.

Obat nyamuk

Serai digunakan sebagai pengusir serangga alami dan membantu mencegah terjadinya penyakit yang ditularkan melalui serangga seperti malaria, demam berdarah, dan penyakit Lyme. Studi telah memberikan bukti pendukung mengenai sifat anti-malaria dan anti-protozoa dari serai, yang membuat minyaknya menjadi bahan yang efektif dalam pengusir nyamuk.

Penggunaan Kuliner

Selain obat tradisional, serai umumnya digunakan dalam masakan Asia, terutama dari Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Ini digunakan untuk menambah rasa pada minuman seperti teh, kari, dan sup, dan juga menemukan penggunaan ekstensif dalam persiapan puding, produk daging, permen, dan makanan yang dipanggang.

Penggunaan lainnya

Serai digunakan dalam pembuatan parfum, deodoran, poles, lilin, dan lilin. Ini juga digunakan untuk menambah aroma pada sabun dan produk kosmetik.

Ini digunakan untuk memikat dan menarik lebah madu untuk berbagai tujuan komersial.

Properti Hidrofobik: Serai digunakan untuk melestarikan naskah daun palem kuno dan melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh mikroorganisme. Ini memperkuat daun dengan memberikan kelembaban yang dibutuhkan ke daun palem yang rapuh tanpa membiarkan kelembaban menyebabkan hilangnya teks yang tersimpan. Efek perlindungan ini dapat dikaitkan dengan sifat hidrofobik minyak sereh.

Produk Pet: Serai digunakan dalam pembuatan sampo dan produk perawatan untuk hewan peliharaan karena efek pengusirnya pada kutu dan kutu.

Kata-kata Perhatian

Meskipun dianggap aman, penggunaan minyak serai atau konsumsi teh herbal secara topikal dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika ada gejala alergi, selalu disarankan untuk menghentikan penggunaan minyak esensial dan mencari perhatian medis segera.

Minyak sereh murni atau terkonsentrasi tidak boleh diterapkan langsung pada tubuh karena dapat menyebabkan reaksi berbahaya. Itu selalu dianjurkan untuk menjaga minyak esensial murni dari jangkauan anak-anak.

Disarankan juga untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mempertimbangkan minyak serai untuk penggunaan terapeutik; terutama selama kehamilan, ketika mencoba untuk hamil, menyusui, dan selama perawatan medis yang sedang berlangsung.

Comments (No)

Leave a Reply

Please disable your adblock for read our content.
Refresh